Senin, 27 Februari 2012

Kiat Esemka

Melenggangnya mobil Esemka Rajawali rakitan anak-anak SMK di Surakarta ternyata menghibur pengendara lainnya. Selama perjalanan dari Solo ke Jakarta, tak sedikit pengendara lain mengacungkan jempol dengan kehadiran Rajawali di jalanan untuk menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Banten.

Pengakuan itu dikemukakan Roy Suryo. Anggota Komisi I DPR itu mendapat kesempatan menjadi sopir penguji Esemka Rajawali saat turun ke jalanan. Bahkan saat memasuki Tol Jatingaleh, Semarang, beberapa petugas tol sudah akrab dengan mobil yang dikemudikan Roy.
"Petugas Tol Jatingaleh sampai menyebut nama saya, mungkin sok kenal atau bagaimana. Ada yang petugas langsung mengenal mobilnya, Oh ini Esemka ya?" cerita Roy saat berbagai pengalaman berkendaraan dengan Rajawali kepada Tribunnews.com.
Yang memberi pujian bukan saja pengendara yang kebetulan melihat Rajawali di jalanan. Petugas pom bensin juga bahkan mengenal mobil Esemka Rajawali jenis sport utility vehicle itu. Salah satunya adalah Anara, petugas SPBU Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
"Saya tahu itu mobil Esemka Rajawali. Saya tahunya lihat di televisi tadi siang. Saya enggak menyangka Esemka Rajawali akan mengisi bensin di sini," ujar Anara kepada Tribunnews.com.
Bahkan Anara mengaku tak asing pada pengemudi Rajawali. "Tadi yang menyetir Pak Roy Suryo kan?" kata Anara memastikan kepada Tribunnews.com soal sosok si pengemudi. Usai dari Palimanan, Esemka Rajawali terus melanjutkan perjalanan ke Jakarta.
Rajawali sempat terjebak kemacetan di daerah Kertasmaya, Indramayu. gara-garanya kendaraan dari arah Jakarta menuju Indramayu dialihkan ke jalur Indramayu-Jakarta akibat kecekaan lalu-lintas sebuah mobil tronton. Dalam kemacetan itu, warga yang ada dipinggir jalan berdecak kagum.
"Hebat euy. Itu Esemka kan?" ujar warga yang suaranya terdengar sampai mobil Tribunnews.com, yang mengikuti rombongan Tim Mobil Esemka Rajawali dari Tegal ke Jakarta. Di pintu kiri-kanan bawah mobil tertulis Esemka Rajawali, yang memudahkan orang mengenai mobil buatan siswa SMK ini.
Saat itu, kata Roy, di daerah Kertasmaya, perjalanan cukup tersendat sehingga keberadaan Esemka Rajawali cukup mencolok. Apalagi, di depan Rajawali ada mobil Dishub Jawa Tengah yang mengawalnya. Di sini, pengendara dari arah berlawanan banyak yang mengacungkan jempol.
Bahkan ada sopir yang memanggil nama Roy. Mereka seakan tak percaya mobil itu dibawa Roy. Selama perjalanan itu, para pengendara yang berbapasan dengan Rajawali, lebih akrab menyebutnya mobil Kita Esemka, merujuk nama mitra anak-anak SMK Surakarta yakni Sukiat.
Giliran masuk Tol Cikampek, Roy lepas kemudi, dan beralih ke Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Kendati santai, Roy tetap memerhatikan, setidaknya ada tiga sampai empat mobil yang mulanya melewati Rajawali, kemudian melambat dan memerhatikan body Rajawali.
"Kebanyakan dari mereka mendekati pelan-pelan di samping Rajawali dan membaca  tulisan Esemka Rajawali," katanya lagi. Mobil Rajawali mudah dikenali, diakui Roy, tak lepas dari kreatifitas Walikota Solo Joko Widodo yang memasang plat dinasnya bernomor AD 1 A di  Rajawali. Ini yang buat jadi tahu.

Penulis: Yogi Gustaman  |  Editor: Ade Mayasanto
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar